Berkurban Rindu😁

.. 

Masjid Sholahuddin al ayyubi, kairo. 

.. 🌼

Mesir, meski dengan pesona indahnya jua tak mampu meredam rindu pada yang terkasih, Emak, Apak, adik-adik, and all my fam.. 

4 tahun sudah bidadari tak pulang ke negeri kayangan, bukan karena pangeran Jaka tarub sembunyikan selendang tapi pada amanah yang disandang. 

Selesaikan tugas, pulang! .. dan dimaikan negeri tercinta, semoga bisa berbakti lebih pada ibu pertiwiku,  Indonesia🇮🇩

Advertisements

Tuhan, akan kutebus semua dosaku

… 

“Sudah berapa lama kau hidup?, berapa lama lagi jantungmu berdetak?” 
Tanya nuraninya tanpa henti, 

Alisya menggepalkan jemarinya memukul keras di dada, bughh!!,.aiihh sakit!, Alisya meringis menahan tangis, duhai pecah pula tangisnya, butiran kristal itu tak mampu ia hindari,mengalir deras tanpa henti,  bersimpuh berlutut sujud lama, berseguguk tangis menyayat hati.. Seolah pukulanya penyebab dari segala tangisnya, tapi tidak! 

Sakitny tak sembarang sakit, sakit bersayat sembilu, membengkak membiru, 

Sakit teramat sakit, sakit yang entah berantah dimana, luka yang kasat mata

Sakitnya sebab kecewa, kecewa pada jiwa yang tak mampu menjaga cinta Tuhan-nya

Kecewa pada diri yang melulu turuti nafsu

“Tuhan.. Akan kutebus semua dosaku, Akhiri nafasku saat semua sudah kubayar tunai.. “, pintanya lirih berbisik pada bumi..yang didengar para penghuni langit. 

” Kau sudah lelah bermain?, kemarilah.. “, sahut Suara Langit.. ☺️

” Ikutilah kejelekan itu dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapus kejelekan” 

. Sabda Rosul

Senyum Hareem

***

Assalamualaikum, dek kita tau Allah yang membolak balikan hati, kita harus menerima segala ketentuanNya, adek yg sabar.. Ikhwany belum bisa lanjut, orangtuanya tidak mengizinkan ia beristrikan orang jauh, sudah Allah siapkan yang lebih baik untuk adek, tetap semangat ya. “

… 

Hareem terdiam, lama ia merenung, membaca kembali pesan dari kakaknya, jemarinya bergerak pelan menekan tombol pada layar handphone nya.. 

” iya kak, gak papa kok, semua sudah diatur sama yang diatas, santai.. 😊”

Balasan yang sama sekali tidak mewakili isi hatinya, ia menunduk butiran kecil jatuh membasahi buku panduan memasak dipangkuanya, ya semenjak pria itu mengucapkan kesiapan pada kakakny, Hareem mulai belajar mempersiapkan diri, termasuk memasak, itu suatu yang ia takuti, tidak bisa memasak!, diusap matanya pelan. Ia tak ingin seisi kantin itu tau gemuruh dihatinya.. 

Bergegas ia membayar minuman yang ia beli, lalu berlari kecil ditrotoar jalan menuju masjid raya Attaqwa yang berada tak jauh dari kampusnya, sengaja ia tak memilih mushola di kampusnya ia tak ingin seorang yang ia kenal melihat, lalu merusak bincang mesra pada Tuhanya.. 

… 

2 jam lebih, 

Hareem keluar dari masjid raya itu dengan membawa seulas senyum Simpul di paras ayu nya, telah ia temukan ketenangan, gemuruh itu tak lagi terdengar di hatinya, ia tak ingin terjebak lagi dalam cinta yang tak diridhoi, tapi Tuhan masih inginkan ia sendiri terus menata hati, hingga yang terbaik datang menghampiri.. 
Bersabarlah..bisik hatinya pelan,disambut senyumnya yang kian mekar. 😊

Ombak-ombak yang sedang mengamuk ini berada di tangan Dzat yang aku percaya dan aku cintai juga mencintaiku, jadi kenapa aku harus takut dan bersedih?, bukankah ia berkuasa atas segalanya? 




Cairo, ba’da subuh, summer
# curhatan teman

Emak

Rindu begitu gagahny merasuki hati dan pikiran, bergelanyut disendi2 tulang, mengalir deras dalam darah, aku tak mampu berkutik, meneteskan airmata.. 

Rindu yang tak akan pernah berakhir, meski bersua dalam pelukmu, 

 Mak.. Pagi ini aku sangat merindumu,..😭

Setiap kali pesawat lewat tertangkap mata, wajahmu terbesit pertama.. 🛩️


# gadismu di rantau

Cairo, 3 Juli 2017

benua memisahkan.. 🗾

Apak😘

____

18 maret 2013

***

Pagi itu habis masaku melepas rindu pada manusia2 keramat yang ditakdirkan menjadi keluargaku, kembali ke “kota pempek” tuk merajut mimpi.(mimpi dirajut?*entah)

.

Biasanya adik bujang yang mengantarku dipersimpangan. tapi tidak pagi ini, Apak sudah siap dengan helm ditanganya..”Apak hang ngenterne nggeh, memange Apak mboten teng ladang?”(apak yang nganter ya, memangnya apak gk keladang?), tanyaku. Apak tak menjawab, aku mengikutiny, motor kami melaju..

.

Tiba dipersimpangan Apak tak berhenti, motor terus melaju. “Loh kok mboten meduh pak?”(loh kok gk berhenti pak?),aku bertanya. “Langsung neng pasar been ya,numpak trevel hengusah bis mane cepet gaduk”(langsung ke pasar aja ya,naik trevel gak usah bis.biar cepet sampai), Apak menjawab. “Nggeh Apak”,sahutku singkat..

.

Setibanya di pasar..

Setelah kucium pungung tanganya bergegas kunaiki mobil, masih tersisa 3 kursi kosong. ” 10 menit lagi ya”,ucap pak sopir.

.

Kulihat Apak masih tetap berdiri disana, menatapku (menatap mobil tepatny.bhaha), kubuka jendela kulambaikan tangan, Apak membalasnya,lalu tersenyum..

.

5 menit berlalu, Apak masih tak beranjak, lalu berlari kuhampiri..”Apuo?”(kenapa?),tanyanya. “Apak kok mboten wangsul?”(apak kok gk pulang?),aku balik bertanya. “Heng pan2, wes kono mlebuo”,(gk pp,sudah sana masuk), kutatap mata yang telah puluhan tahun menjadi tumpuan hidup kami,hei..sperti ada butiran yang berusah Ia tahan disana..

.

Dipeluknya aku erat,dciumya kedua pipiku..”hang rajin ya nduk, mogo gusti Alloh paringi sukses”,(yang rajin ya nduk, smg Allah beri kesuksesan),petuah apak pagi itu.tanpa menunggu jawabku Apak Lalu menstater motornya, pergi meninggalkanku yang masih terpaku menahan haru,.

.

Apak, dengan segala keterbatasan yang ada, aku tau Engkau ingin selalu membahagiakn kami, memastikan keselelamatan seluruh penumpang kapal yang Kau nahkodai. Sungguh aku mencintaimu.

.

Ah moment pagi itu..satu dari berjuta romantika yang terekam jelas di memori anak gadismu ini, Apak.

.

#:(

#inginkusingkapjarak

#satu2nyaftotersisa.hlng

#bahasaplanetpluto.ahhah

Belum saja

Pada askara kosong-ku yang menjadi tanyamu, kemana aku.

 Kau bertanya kenapa tak kau temukan pada askaraku tentangmu, darimana kutau?, itu pasti tanyamu, sebab kutau pengintai itu kamu.. 

Aku tak pernah memintamu datang tapi bukan lantas kau bisa pergi sekehendak hatimu, benar aku memintamu pergi kala itu.. Ah ketahuilah, kau harus banyak belajar memahami wanita, kadang yang mereka katakan bukan sebenar inginya..

Simpul yang kau lepas aku berusaha menariknya kembali, lantas kenapa kau seolah tak merasakan, ingin memberiku pelajaran kah?, oh guru..ya kusebut kau guru, Karena denganmu aku belajar apa arti bahwa hidup tak layak menyakiti, hidup bukan tentang Bahagiaku, tapi bahagianya. 

Sekarang saat Simpul  itu benar2 kulepas, kau   berusaha menariknya kembali, aku bukan tak mau, hanya saja aku tak mau merasakan sulitnya melepas Simpul itu lagi saat kembi kueratkan, fahamilah.. Ada hati lain yang perlu kau jaga, bukan aku.. Aku sudah mampu menjaganya sendiri,. 

Aku tau kita meluka, tapi aku tak ingin ada hati lain yang terluka, dan Aku tak bisa bahagia diatas luka yang lain..biarlah seperti ini, nanti semua pasti baik2, tunggulah waktu itu pasti tiba, saat ini belum saja.. 

_entah, f

كن ذكيا فى عبادتك

“Cerdaslah dalam beribadah! ”

Dengan umur yang tak tau kapan akan berakhir, denyut nadi yang kapanpun dimanapun bisa terhenti tanpa kenal kompromi, ketika ia datang tak seorangpun bisa menghentikan, ia lah sang ajal, yang kedatangannya tak diharapkan dengan segera.. 

Hayuk lah persiapkan diri menyambut kedatangannya yang entah, semoga ketika ia datang menjemput hati kita sudah terias cantik mempesona, menghadap Tuhan semesta dengan wajah ceria, meluapkan rindu tak terkira, dan semoga yang selalu dirindu pun merindu, semoga! 😇

__

Lalu bagaimana dengan amalan yang masih teramat sedikit sedang kesempatan yang semakin sempit?

Maka itulah perlunya siasat, kawan.  Ya, siasat dalam beramal. Amalan yang sama menghasilkan pahala yang berbeda, kok bisa? 

Oke, sebelumnya harus kita fahami dan yakini bahwa masuk surga atau tidaknya kita itu mutlak ketentuan Allah, atas Rahmat-Nya, bukan karena amalan ibadah kita. Karena sebanyak apapun ibadah kita tak akan pantas disandingkan dengan syurga-Nya yang abadi. 

Tapi Allah menyukai usaha kita, usaha meraih cinta-Nya, tidak juga dengan hanya berdiam diri lantas syurga menghampiri, semua butuh pengorbanan. 
Ada banyak cara menjadikan ibadah kita lebih bermakna,

misalnya ketika shalat usahakan selalu berjamaah, shalat seorang diri hanya mendapat 1 pahala, sedangkan berjamaah 27 derajat pahala, rugi kan kalau tinggalkan shalat berjamaah? Maka berjamaahlah! 😊

Ketika berwudhu perbanyak niatnya, berniat agar dengan basuhan air wadhu bisa menggugurkan dosa-dosa, menjadi cahaya diwajah kita nanti diakhirat, menjadikan kita lebih semangat, dan masih bnyak niat yang lainya, kenapa?, karena perbuatan itu tergantung pada niatnya, seorang akan mendapatkan apa yang ia niatkan, rugi kan kalau niatnya hanya satu?, maka perbanyaklah niat!, dan jangan lupa, Allah tetap di niat yang pertama💕

Berpuasalah pada hari-hari dianjurkanya berpuasa sunnah, seperti yaumul bid puasa 3 hari berurutan ditanggal 13,14,15 pada tiap bulan hijriyahnya yang pahalanya dihitung sama seperti puasa sebulan penuh.. Rugi loh kalau tinggalkan puasanya, Allah maha pemurah.. Juga puasa2 sunnah yang lain dengan segala keutamaanya..

Misal yang lain.. Mencari keutamaan malam lailatul qodr, yang keutamaanya sama seperti 1000 bulan, diampuni dosa yang lalu dan Kn datang, keren bukan?, nah.. Berburulah lailatul qodr dibulan ramadhan, ok! 

Dan masih banyak misal yang lainya, inilah yang  dimaksud dengan amalan yang sama tapi mendapat pahala yang berbeda, insyaallah.. 

Tetap semangat memburu cinta-Nya, persiapkan bekal untuk kehidupan yang kekal..  

Cerdaslah beramal, 

! كن ذكيا فى عبادتك
😊

Allahu ‘ala wa a’ lam

Cairo, 29 juni 2016

Summer